Pj Bupati Sampang Inspeksi Mendadak Rumah Sakit Umum Daerah Dr Mohammad Zyn


Sampang, Seputarperistiwanews.com - Pj Bupati Sampang, Rudi Arifiyanto, melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr Mohammad Zyn (RSMZ) Sampang, pada Jumat (3/5/2024). Hal ini dilakukan karena sebelumnya beredar informasi bahwa ada pasien yang meninggal akibat penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Kami melakukan inspeksi mendadak untuk mencari kebenaran informasi tersebut. Setelah kami periksa, ternyata pasien tersebut meninggal bukan karena menderita DBD," ujarnya dikutip Radar Madura (4/5).

Menurutnya, ini dikarenakan hasil tes immunoglobulin (IgM) di RSMZ Sampang menunjukkan hasil negatif. Inspeksi mendadak ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dia berpendapat bahwa pelayanan di RSMZ perlu ditingkatkan. Mulai dari peralatan hingga ketersediaan darah.

"Ketika seseorang terkena DBD, biasanya jumlah trombositnya menurun sehingga memerlukan perawatan medis yang intensif," jelasnya.

Rudi Arifiyanto menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan dan monitoring.

Ia mengungkapkan, penyakit DBD harus diperhatikan dengan serius karena dapat menyebabkan kematian.

"Setiap minggu kami akan melakukan monitoring. Kami juga akan melakukan rapat koordinasi dengan camat dan semua puskesmas," tegasnya.

Pemimpin Pemkab Sampang itu dengan penuh semangat mengajak seluruh warga untuk bergandengan tangan dalam melawan wabah mematikan DBD.

(Ag/SPn)

Lebih baru Lebih lama